Minggu, 18 Maret 2012

Resep Berupa Sepuluh Butir Pesan..

Diantara pesan - pesan yang tidak termakan oleh zaman adalah pesan seorang ibu kepada anak perempuannya saat menghadapi pernikahan. Meskipun telah berlalu masa 15 abad dari pesan ini, ia masih tetap sebagai resep yang efektif bagi orang yang ingin mengamalkannya dan memberikan jaminan bagi kesehatan dan kebahagiaan rumah tangganya.
Seandainya wanita tidak memerlukan suami karena kekayaan kedua orangtuannya yang memang sangat memerlukannya, tentunya engkau adalah yang paling tidak memerlukannya. Akan tetapi, sudah menjadi kodrat bagi kaum wanita bahwa mereka diciptakan untuk kaum pria dan sebaliknya kaum pria pun di ciptakan untuk mereka.
Wahai anaku sayang sesungguhnya sebentar lagi engkau akan berpisah dari nuansa tempat kelahiranmu dan akan meninggalkan sarang tenpat engkau dibesarkan menuju sarang yang belum engkau kenal dan akan hidup bersama dengan teman yang belum engkau kenal benar. Kelak dia akan emnjadi penguasa yang terus mengawasi dan memilikimu. Oleh karena itu jadilah engkau sebagai budak perempuannya niscaya dia akan menjadi budak laki-lakimu.
Peliharalah terhadapnya sepuluh pekerti berikut, niscaya dia akan menjadi pemelihara bagimu. :
1. Besikap Khusyulah engkau kepadanya dengan menerima apa adanya.
2. Tunduk patuhlah engkau kepadanya dengan sebaik-baiknya.
3. Perhatikanlah selalu hal-hal yang biasa dilihat olehnya, jangan sampai dia melihat kamu dalam keadaan buruk penampilan.
4. Perhatikan pula apa yang biasa diciumnya jangan sampai penciumannya mengendus darimu kecuali bau harum yang disukainya.
5. Perhatikan selalu waktu tidurnya, karena kurangnya tidur akan membangkitkan emosi kemarahannya.
6. Perhatikan selalu waktu makannya, karena sesungguhnya himpitan rasa lapar akan membakar emosi kemarahannya.
7. Jagalah hartanya dan layanilah dia. Adapun pokok permasalahan yang berkaitan dengan harta adalah mengaturnya dengan baik.
8. Layanilah pula anak-anaknya dan yang berkaitan dengan anak-anak adalah mendidiknya dengan baik.
9. Jangan sekali-kali engkau mendurhakai perintahnya, karena sesungguhnya jika engkau melanggar perintahnya, berarti engkau akan membuat dadanya bergejolak.
10. Jangan sekali - kali engkau membocorkan rahasianya, karena jika engkau membocorkan rahasianya berarti engkau tidak akan terhindar dari penghianatannya.
Selanjutnya, janganlah sekali-kali engkau terlihat gembira dihadapannya, sedang dia dalam keadaan murung, dan jangan sampai engkau bersedih dihadapannya sedang dia dalam keadaan gembira.
Barangkali anda, wahai kaum hawaku yang terhormat, telah membaca pesan ini sebelumnya, akan tetapi jarang sekali ada para istri mengamalkan semua yang terkandung didalamnya. Seandainya setiap istri mengamalkannya tentulah ia akan terhindar dari berbagai problem yang memenuhi kehidupan rumah tangga banyak orang. Dan memang benar, pesan ini resep yang paling baik untuk meraih kebahagiaan hidup rumah tangga. Wallohua�lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar